Sekolah BM 400 Kuatkan Pembelajaran STEAM dan Artificial Intelligence

Jakarta – Sekolah Bakti Mulya (BM) 400 mengadakan annual meeting workshop bertemakan Leading Change: Digital Transformation of Education in Era of Artificial Intelligence. Acara diadakan di Auditorium Ki Hajar Dewantara SMP BM 400 dan dimulai pada hari Senin (18/12/2023).

Acara dihadiri oleh guru dari seluruh unit, pimpinan, hingga pengurus harian. Hadir pula para pembicara hebat di hari pertama  yaitu Irjen Pol. (PURN) Drs. Sukrawadi Dahlan, Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc.,PhD, dan M. Octaviano Pratama, S.Kom., M.Kom.

Dalam kesempatan tersebut tampil Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc.,PhD. Yang membawakan topik STEAM Learning for Students Engagement in Education as Sustainability.

Yuli Rahmawati menyampaikan agar pendidikan di Indonesia sebaiknya berawal dari masalah yang ada di masyarakat. Yuli Rahmawati memberikan contoh, “Misalnya saja siswa diperlihatkan foto kura-kura yang terlilit plastik. Siswa diajak untuk memiliki empati, kemudian membuat design untuk menangani masalah tersebut dengan memanfaatkan berbagai pelajaran seperti matematika dan sains. Contohnya, siswa dapat membuat biodegradable plastic serta membuat laporan untuk pelajaran Bahasa Indonesia.”

Oleh sebab itu, pelajaran berbasis proyek STEAM tidak terikat pada satu mata pelajaran, melainkan gabungan dari banyak pelajaran. Pada pembelajaran STEAM berbasis proyek, siswa memiliki kerangka pemikiran yang diawali dengan empathize, define, ideate, prototype, dan diakhiri dengan test. Dengan pembelajaran berbasis proyek ini, siswa dapat belajar secara holistik, multidisiplin, serta memenuhi kompetensi masa depan.

Yuli Rahmawati memberikan pesan penutup, “Guru adalah profesi terbaik. Guru tidak hanya menyampaikan pengetahuan, tapi juga menyentuh hati siswa.”

Sementara itu pada sesi lanjutan tampil M. Octaviano Pratama, S.Kom., M.Kom. Beliau membawakan topik seputar Artificial Intelligence in Education: Crisis or Opportunity in Learning, Teaching and Assessment.

Dewasa ini, Artificial Intelligence (AI) sudah sangat didukung di Indonesia. Octaviano menjelaskan, “Pada bidang ekonomi, AI dapat digunakan oleh perusahaan penjualan kendaraan. Sebelum adanya AI, transaksi pembelian kendaraan memakan waktu 2 jam. Sementara itu, jika menggunakan AI, petugas administrasi hanya perlu memvalidasi data, sehingga waktu yang diperlukan jadi lebih singkat.”

Baca juga : Sekolah BM 400 Kuatkan Wawasan Kebangsaan

Selain dalam bidang ekonomi, AI juga dapat dimanfaatkan dalam edukasi. Contohnya adalah gamification, yang memudahkan user menyelesaikan task tertentu seakan sedang bermain game. Pembelajaran pun menjadi menarik, fun, dan tidak membuat jenuh.

Ada pula Jamboard, Kahoot, Grammarly, chatGPT, serta Canva yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Pada tingkat perkuliahan, terdapat pula publish or perish yang dapat digunakan sebagai mesin pencari artikel berbasis AI untuk menyusun tesis.

Bapak Octaviano kemudian menutup paparannya dengan kesimpulan, “Dengan adanya AI, peluang yang kita miliki pun menjadi semakin besar. AI bisa membantu meringankan beban kita sebagai edukator, serta tidak bisa menggantikan kehadiran guru.”