SD BM 400: TAMASYA KE LANGIT

Dalam mengenalkan dunia antariksa, SD Bakti Mulya 400 ini memiliki cara yang unik. Kegiatan yang bertema ‘bertamasya ke langit’, merupakan kegiatan virtual untuk mengenalkan siswa kelas satu kepada benda-benda angkasa. Acara yang berlangsung Sabtu, 20/3/2021 berlangsung pukul 10.00 – 11.30 WIB diikuti siswa SD Bakti Mulya 400 dan sekolah dasar lain di Jakarta.

Dalam sambutan pembuka, Eliyani Umas, M.PdI. Kepala SD Bakti Mulya 400 menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk memupuk kecintaan anak-anak kepada dunia astronomi. Meskipun saat ini belajar dilasanakan secara online, namun dengan kemajuan teknologi, kegiatan belajar dapat dilkasanakan seoptimal mungkin. Khususnya pada kegiatan ‘bertamasya ke langit’ tersebut, selain siswa akan mendapatkan penjelasan dari ahlinya tentang benda luar angkasa juga menyaksikan langsung penggunaan teleskop.

Selanjutnya acara dipandu oleh Dindin Rafiudin, S.Pd. wali kelas satu yang didampingi oleh MC cilik Jenna dan Menna, si kembar yang duduk di kelas satu SD Bakti Mulya 400. Sedangkan bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah Hanna Maresfin, Ana Falesthein, dan Andre. Mereka adalah kakak-kakak narasumber dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ).

Perjalanan tamasya diawali dengan pesawat ruang angkasa yang meninggalkan bumi. Bumi menjadi planet yang terlihat dari ruang angkasa seperti halnya planet-planet lainnya.

Siswa kemudian diajak berdialog tentang lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi. Dengan atmosfer maka bumi menjadi aman dari benturan meteor. Dengan atmosfer maka memungkinkan terjadinya cuaca dan iklim. Dan dengan cuaca dan iklim maka muncul kehidupan di bumi.

Setelah menerima penjelasan tentang atmosfer, perjalanan dilanjutkan untuk memahami bulan, meteor dan planet-planet lainnya di sistem tata surya. Yang tidak kalah pentingnya adalah saat membahas tentang matahari. Karena selain dilakukan peragaan juga dilakukan pengamatan langsung dengan teleskop. Citra teleskopik matahari dapat langsung diamati di screen semua peserta.

Baca Juga : SEKOLAH BM 400: KOLABORASI KUNCI PENDIDIKAN SEJATI

Acara ini semarak karena diwarnai dengan banyaknya pertanyaan siswa. Pertanyaan yang cukup menarik diantaranya: Adakah ada kehidupan selain di bumi? Apakah alien itu ada? Apa perbedaan meteor dan meteor garden? Apakah manusia bisa tinggal di planet lain? Juga pertanyaan yang sangat berbobot seperti: Mengapa planet Pluto tidak dianggap masuk dalam sistem tatasurya?

Untungya semua pertanyaan tersebut dapat dijelaskan dengan baik oleh kakak-kakak pemateri. Dengan demikian waktu yang tersedia selama satu setengah jam tak terasa berakhir.

Eksplorasi merupakan kegiatan yang terus dikembangkan di Sekolah Bakti Mulya 400 agar siswa belajar aktif, kreatif dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *