KB/TK BM400: VIRTUAL TOUR LEMBANG PARK & ZOO

“Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik”. (QS. Luqman/31: 10).

Belajar secara virtual juga menyenangkan. Itulah yang diselenggarakan oleh KB/TK Bakti Mulya 400 dengan program Virtual Tour Lembang Park & Zoo pada hari Kamis, 10 Maret 2021. Acara ini berlangsung pukul 10-11.30 WIB diikuti 94 siswa kelompok B1-B5 dengan 13 guru pendamping.

Penjelajahan secara virtual tersebut didukung oleh videografi yang kualitas baik. Selain itu juga dilakukan live streaming di lokasi Lembang Park & Zoo secara real time diikuti siswa dari rumah masing-masing.

Dalam sambutannya, Kepala KB/TK Bakti Mulya 400, Neneng Huliyah, S.Pd. menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini ada dua hal. Pertama, siswa mengenal beraneka macam hewan sebagai mahluk ciptaan Allah. Kedua, memberikan edukasi kepada siswa tentang cara hidup dan tempat tinggal berbagai macam hewan tersebut.

Lembang Park and Zoo merupakan wisata baru di Lembang yang dibuka tanggal 22 November 2019. Kebun binatang di Lembang terssebut memiliki luas 20 hektar dibuat dengan mengadopsi zoo museum berstandar internasional. Arsitekstur bangunannya dibuat dengan gaya Eropa.

Dengan virtual education tour di Lembang Park and Zoo, peserta mendapatkan edukasi yang sangat baik mengenai hewan-hewan dan kebiasaan uniknya yang perlu diketahui oleh anak-anak dan orang dewasa.

Baca juga : NILAI SPIRITUAL SEBAGAI HIKMAH ISRA’ MI’RAJ

Perjalanan virtual dibagi lima pos. Pada tiap pos siswa mendapatkan penjelasan mengenai hewan-hewan dan kebiasaan uniknya dengan dipandu oleh narasumber secara live streaming. Dengan demikain siswa bisa langsung berinteraksi secara virtual dan tanya jawab dengan pemandu.

Adapun pos kunjungan siswa tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Area harimau, singa putih dan burung Cenderawasih
  2. Kandang big bird Avary dan zoo keeper big bird Avary
  3. Area Otter, Meerkat, Asctrich & Rhea dan Kangguru Pohon
  4. Kandang singa dan reptil
  5. Area Primata, Common Marmoset, Owa Jawa dan Beruk

Acara berakhir dengan ceria apalagi diberikan aneka kuis dan games tentang kunjungan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *