HUT KE- 38 BM 400: BERKHIDMAT MELAHIRKAN TUNAS BANGSA CERDAS MULIA

Sekolah Bakti Mulya 400 baru saja memperingati 38 tahun hari jadinya. Sekolah yang berdiri pada tanggal 30 September 1983 itu karena perjanjian kerja sama dua yayasan. Kedua yayasan tersebut sama-sama memiliki tujuan ingin mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu Yayasan Keluarga 400 dan Yayasan Pondok Mulya.

Yayasan Keluarga 400 merupakan organisasi yang menghimpun purnawirawan Tentara Pelajar Batalyon 400 Brigade 17 Siliwangi. Sedangkan Yayasan Pondok Mulya adalah yayasan pengelola Real Estate Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Kolaborasi dua yayasan melahirkan lembaga baru yang diberi nama Yayasan Badan Kerja Sama Pendidikan Pondok Mulya Ikatan Keluarga 400 disingkat YBKSP Bakti Mulya 400.

YBKSP Bakti Mulya 400 menyeleggarakan pendidikan untuk semua jenjang sekolah. Pada tahun 1985 mendirikan KB-TK Bakti Mulya 400 dan SMP Bakti Mulya 400. Pada tahun 1986 mendirikan SD Bakti Mulya 400. Selanjutnya tahun 1999 mendirikan SMA Bakti Mulya 400.

KB-TK dan SD Bakti Mulya 400 terletak di Jl Gedung Pinang Pondok Indah, sedangkan SMP dan SMA Bakti Mulya 400 di Jl Lingkar Selatan Lebak Bulus, Jakarta.

Pengurus dan Pelaksana Harian Yayasan (dari kiri ke kanan): Asep Syarifudin Hidayat, Lendi Basarah, Baskara Sukarya dan Ana Subagja (Ketua Dewan Pengurus), Wahuni Kamila, Sutrisno Muslimin (Ketua Pelaksana Harian

Tujuan pendidikan Sekolah Bakti Mulya 400 membentuk insan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, berwawasan kebangsaan dan berkompetensi global yang selaras dengan paradigma pendidikan abad 21. Karena itu sekolah menyiapkan peserta didik agar memiliki kompetensi lulusan yang kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif dan adaptif yang terbangun di atas karakter mulia.

Sekolah Bakti Mulya 400 menerapkan kurikulum Islam, nasional dan internasional. Pada tahun pelajaran 2022/2023 KB-TK Bakti Mulya 400 menerapkan kurikulum IEYC (International Early Years Curriculum) dan model pembelajaran sentra. IEYC adalah kurikulum pembelajaran berwawasan internasional yang berbasis tematik. Sedangkan sentra atau Beyond Centers and Circle Time (BCCT) pembelajaran berbasis unit-unit arena bermain yang berisi bermacam-macam alat permainan edukatif. Dengan penerapan strategi tersebut diharapkan siswa akan memiliki kemampuan enam aspek curricular domain, yaitu psikomotor, afeksi, kognisi, sosial, bahasa, dan aestetika.

SD Bakti Mulya 400 menggunakan kurikulum yang terintegrasi antara keislaman, nasional, internasional untuk memberikan pengalaman belajar yang dinamis serta mengantarkan siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat.  Ada dua pilihan rombongan belajar yaitu program bilingual dan Cambridge Checkpoint. Siswa diharapkan memiliki kemampuan literasi dan numerasi yang kuat melalui penguasaan Bahasa Inggris, matematika dan IPA yang berstandar internasional.

SMP Bakti Mulya 400 menerapkan kurikulum Islam, nasional dan Cambridge IGCSE (International General Certificate of Secondary Education) atau sertifikat internasional pendidikan menengah. Dengan demikian kelulusan siswa SMP mendapatkan sertifikat yang diakui secara global (globally recognized).

Siswa SMP mendapatkan sarana pendukung berupa tablet agar dapat melaksanakan pembelajaran berbasis digital. Untuk siswa yang memiliki kecepatan belajar di atas rata-rata dapat memilih program sistem kredit semester (SKS) yang dapat ditempuh selama dua tahun.

SMA Bakti Mulya 400 menerapkan kurikulum Islam, nasional dan Cambridge Advanced Subsidiary Level (AS Level). Siswa yang memiliki kecepatan belajar tinggi dapat memilih program sistem kredit semester (SKS). Untuk semua jenis kelas, siswa dapat memilih jurusan IPA atau IPS.

Dengan menerapkan pembelajaran SKS blended learning, maka siswa dapat menempuh pedidikan empat tahun untuk menyelesaikan program SMP dan SMA Bakti Mulya 400.

Pada tahun 2021, SMA Bakti Mulya 400 mampu meluluskan 60% masuk ke perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi luar negeri. Bahkan untuk program SKS 100% lulusannya diterima di perguruan tinggi negeri.

Dengan semakin tingginya animo masyarakat untuk masuk di Sekolah Bakti Mulya 400, mulai 1 Oktober 2021, telah dibuka pendaftaran siswa baru untuk tahun pelajaran 2022/2023. Informasi tentang hal tersebut dapat diakses melalui web sekolah https://psb.baktimulya400.sch.id/