FATHER’S DAY KB/TK BM 400: MENGAJAK AYAH SEBAGAI MITRA BELAJAR

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) masa Pandemi COVID-19 telah merubah model belajarsiswa. Adanya PJJ ini menuntut orang tua menjadi garda terdepan dalam mengawal anak-anaknya tetap belajar di rumah. Pembelajaran yang biasanya di bawah bimbingan guru, kini perlu kolaborasi dengan orang tua.

Perubahan pola hidup seperti ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua terutama Ibu rumah tangga yang juga bekerja. Pendampingan anak bisa menjadi lebih melelahkan jika ibunya juga sebagai wanita karir karena selain masih tetap bekerja juga harus  mendampingi anak belajar secara online.

Untuk meningkatkan peran ayah untuk mendampingi ananda dalam PJJ, maka KB/TK Bakti Mulya 400 menyelenggarakan kegiatan Father’s Day. Kegiatan yang berlangsung untuk siswa Kelompok Bermain (KB) dilaksanakan Selasa, Selasa, 22 Februari 2021. Sedangkan untuk TK A berlangsung hari Kamis, 24 Februari 2021. Pada acara tersebut siswa belajar didampingi oleh ayah masing-masing di rumah dan secara interaktif dipandu oleh guru di sekolah.

Dalam sambutan pengantar kegiatan tersebut, Manager Sekolah Bakti  Mulya 400, Hadi Suwarno, M,Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menjadi momentum agar figur ayah selalu mengoptimalkan suasana hangat dan nyaman bersama dengan anada di rumah. Dengan tercipta suasana demikian maka diharapkan anak-anak dapat bermain gembira namun tetap dapat meraih hasil belajar.

Baca juga : SEKOLAH BM 400 MENCIPTAKAN WELL-BEING DI MASA PANDEMI

Tujuan kegiatan Father’s Day  menurut Kepala KB/TK Bakti Mulya 400, Neneng Huliyah, S.Ag. adalah agar ayah selalu membina keerataan hubungan ananda. Dengan hubungan yang erat maka ayah juga bisa memantau perkembangan akademik dan motorik anak. Selanjutnya ayah juga akan selalu memberikan penghargaan atas perkembangan tersebut.

Pada acara tersebut, diawali  syaharat, doa/ikrar, dan morning song. Setelah senam ringan diiringi lagu “Tiki-Tiki Room”, acarara dilanjutkan dengan cerita boneka oleh Aryani Setiamintarsih, S,Pd.

Kegiatan inti ananda dirumah untuk KB adalah membuat kretivitas frame dan mewarnai tas. Sedangkan untuk siswa TK A ada berbagai krativitas diantaranya mewarnai pot.

Acara diakhiri dengan eksibisi hasil karya kolaborasi antara ayah dan Ananda. Masing-masing menunjukkan untuk diambil foto terbaiknya. Itulah salah satu kegiatan KB/TK Bakti Mulya 400 untuk tetap menciptakan pembelajaran yang menarik, penuh arti dan membahagiakan peserta didik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *