SEMINAR PENDIDIKAN GURU PENGGERAK DI ERA DIGITAL DAN LAUNCHING BM 400 DIGITAL LEARNING

  • 7 / Maret - 08:00
  • Auditorium  SMA BaktiMulya 400

Guru merupakan figur sentral, di tangan gurulah terletak kemungkinan berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan belajar mengajar di sekolah.

Fungsi guru sebagai pendidik di dalam kelas sangatlah banyak, yaitu: (1)pendidik; (2) pengajar; (3) pembimbing; (4) pelatih; (5) penasihat; (6) pengelola kelas; (7) demonstrator; (8) korektor; (9) inspirator; (10) informator; (11) organisator; (12) motivator; (13) inisiator; (14) fasiliator; (15) inovator; (16) mediator; dan (17) evaluator.

Secara garis besar ada fungsi guru sebagai administrator dan penggerak belajar. Sebagai penggerak belajar, guru hendaknya dapat melakukan perubahan-perubahan kecil yang dimulai dari ruang kelas tanpa menunggu komando. Dengan begitu, bakal terjadi perubahan yang besar pada dunia pendidikan di Indonesia yakni bergerak maju menatap masa depan. Hal inilah yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. saat pidato pada peringatan Hari Guru Nasional, 25 November 2019.

Mendikbud juga menyampaikan setidaknya terdapat lima perubahan kecil yang bisa dimulai para guru di dalam kelas yakni mengajak murid berdiskusi bukan hanya mendengar, memberikan kesempatan kepada murid mengajar di kelas, mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan semua kelas, menemukan bakat pada diri murid yang kurang percaya diri, dan menawarkan bantuan pada guru lain yang sedang mengalami kesulitan.

Untuk menjadikan guru penggerak di sekolah perlu persamaan persepsi dan langkah bersama. Karena itu seminar ini memberikan wadah untuk berbagi informasi tentang guru penggerak.

Tujuan  Kegiatan

Seminar ini bertujuan untuk:

  1. Menyampaikan kebijakan dan antisipasi perubahan kebijakan pendidikan
  2. Memberi wawasan kepada guru sebagai penggerak pendidikan
  3. Menjadi forum saling tukar pikiran para pendidikdalam memecahkan persoalan pendidikan
  4. Memperkenalkan inovasi pendidikan dan teknologi pembelajaran

Tempat Pelaksanaan

Hari/ Tanggal  : Sabtu, 7 Maret 2020

Pukul               : 08.00 – 11.30 WIB

Tempat            : Auditorium  SMA BaktiMulya 400

EVENT INFO :

  • Start Date:7 / Maret
  • Start Time:08:00
  • End Date:7 / Maret
  • End Time:11:30
  • Number of Participants:200
  • Location:Auditorium  SMA BaktiMulya 400