PEMBENAHAN PERILAKU UNTUK BELAJAR

#SekolahBM400Cibubur – Perilaku untuk belajar atau behaviour for learning menurut Dr. Simon Ellis dan Profesor Janet Tod dijelaskan secara komprehensif dalam buku mereka yang berjudul Behaviour for Learning: Proactive Approaches to Behaviour Management. Dalam buku ini, mereka mendefinisikan perilaku untuk belajar sebagai seperangkat keterampilan, sikap, dan strategi yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara efektif dalam proses pembelajaran. Mereka menekankan bahwa […]

ORKESTRASI PEMBELAJARAN DI KELAS

BM400 Cibubur– Kegiatan belajar mengajar itu mirip orkestra dimana guru berperan sebagai dirigennya. Seorang dirigen bisa mengarahkan pemain  musik sehingga menjadi tim yang mampu memperdengarkan irama yang indah. Tim pemain musik adalah analogi untuk siswa. Tak ada siswa yang sama, bahkan dua orang yang kembar identik sekalipun tak akan sama. Bukan hanya perbedaan lahiriah setiap peserta didik berbeda. Namun yang […]

PENERAPAN POLA PIKIR BERTUMBUH DALAM ASESMEN

Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting daripada sebatas hasil akhir. pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, sebagaimana uraian di bawah ini: Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik.  Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang […]

EVERYONE CAN CREATE

oleh : Nia Maulidhia Ibrahim Everyone Can Create merupakan ciri pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Bakti Mulya 400. Pembelajaran yang difasilitasi dengan Ipad ini membuat guru dan siswa lebih kreatif menciptakan produk belajar. Lebih-lebih  di era pandemi yang mengharuskan distance learning, siswa membutuhkan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan tetap produktif. Untungnya di SMP Bakti Mulya 400 telah mengembangkan program peningkatan kualifikasi guru dalam […]

MODEL PEMBELAJARAN DI KELAS PASCA COVID 19

Oleh Hadi Suwarno Sejak terjadinya pandemic Covid 19, kalangan pendidik – siap tidak siap– dipaksa untuk mengubah strategi pembelajannya. Kegiatan yang semula school base berubah menjadi home base. Munculnya home learning merupakan kegiatan sekolah yang berlangsung di rumah. Jadilah home learning merupakan kegiatan yang menggabungkan kompetensi guru, pengasuhan orang tua dan kemandirian anak. Kegiatan tersebut selain penting juga bisa berdampak signifikan pada hasil belajar siswa. Hal tersebut […]