AYO, BERKOLABORASI ATASI BENCANA!

AYO, BERKOLABORASI ATASI BENCANA!

Leader meeting merupakan salah satu bagian penyegaran bagi pimpinan Sekolah Bakti Mulya 400. Pertemuan yang dilaksanakan secala berkala di sekolah tersebut dihadiri oleh Ketua Pelaksana Harian (KPH), deputy KPH, kepala divisi, manager, kepala sekolah dan jajaran wakil pimpinan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan inspirasi sehingga kualitas keputusan sebagai pimpinan sekolah bertambah baik.

Kegiatan yang dilaksanakan Selasa, 3 Februari 2021 dibuka oleh Dr. Sutrisno Muslimin, M.Si, Ketua Pelaksana Harian (KPH) YBKSP Bakti Mulya 400. Dalam sambutannya Sutrisno menyampaikan bahwa “kita perlu belajar dari berbagai ahli sehingga memiliki perspektif luas dalam mengambil keputusan”. Selain itu Sutrisno menyampaikan bahwa melakukan jejaring sosial dan memupuk silaturahmi dengan semua pihak di luar sekolah akan memperkuat kedudukan sekolah.

Tamu yang mengisi leader meeting pagi tersebut adalah Drs. Isnawa Adji, MAP , wakil walikota Jakarta Selatan. Selain menyampaikan informasi terkait tupoksi sebagai kepala daerah, Isnawa Adji juga memberikan motivasi kepada pimpinan sekolah.

Dalam hal menyikapi bencana Covid 19 yang belum kunjung selesai, beliau menyampiakan pentingnya kolaborasi dalam mengatasi bencana dilingkungan masing-masing di wilayah Jakarta Selatan. Terlebih-lebih wilayah Jakarta Selatan masih dinyatakan zona merah covid 19 maka kepedulian semua pihak perlu terus ditingkatkan. Isnawaji mencontohkan bila ada masyarakat yang memiliki kelebihan kendaraan maka bisa digunakan untuk membantu untuk difungsikan sebagai ambulance.

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah provinsi DKI Jakarta meluncurkan platform Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB). Platform ini merupakan media bagi calon kolaborator untuk berpartisipasi dalam program yang didalamnya memuat informasi mengenai Program KSBB, peta lokasi yang membutuhkan bantuan sosial, turut serta berdonasi ke lokasi tertentu, dan mendapatkan informasi mengenai kolaborasi program KSBB yang tengah berjalan. Dengan adanya platform KSBB diharapkan terjadi peningkatan kepedulian masyarakat dan pemerataan bantuan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Dalam paparan motivasinya, Isnawa Adji mengungkapakan bahwa beliau sangat mengenal dunia pendidikan karena dibesarkan oleh keluarga pendidik. Selain itu, karena beliau terlahir dengan 10 bersaudara maka sudah terbiasa ditempa dengan kehidupan yang disiplin dan kerja keras.

Baca juga : ONE STUDENT ONE i-PAD BAKTI MULYA 400

Berkat keuletan dan kerja keras tersebut Isnawa Adji memiliki karier yang cemerlang dimulai  Staf KecamatanTamansari sampai menjadi Wakil Camat Tambora ( 2008 – 2011), Camat Tambora ( 2011 – 2013), Asisten Perekonomian Sekko Adm. Jakarta Barat ( 2013 – 2014) Wakil Kepala Dinas Kebersihan ( 2014 – 2018 ) Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( 2018-2019 ) dan sekarang Wakil Walikota Jakarta Selatan.

Kisah berkesan saat Isnawa Adji menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Salah satunya saat patroli “Pasukan Orange” justru dikira sebagai teman, wal hasil belaiu diminta turun langsung masuk ke sungai untuk membersihkan sungai. Untungnya, supervisor segera menyadari bahwa yang sedang diminta turun tersebut adalah kepala dinasnya.

Banyak kisah yang dapat direfleksikan bahwa pemimpin hendaknya memahami seluk beluk wilayah dan karakter yang dipimpinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *