Prof. Didin Hafidhuddin Berikan Tausiah Tarhib Ramadhan di Sekolah BM 400

Sekolah Bakti Mulya 400 (BM 400) menggelar kegiatan Tarhib Ramadan 1444 Hijriah di auditorium Ki Hajar Dewantara SMP BM 400 pada Selasa (21/3). Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. K. H. Didin Hafidhuddin, M.Sc menguraikan enam keistimewaan bulan Ramadhan dihadapan seluruh guru, karyawan dan pimpinan Sekolah BM 400.

Kegiatan Tarhib Ramadan 1444 H dibuka oleh Ketua Pelaksana Harian (KPH) Yayasan Bakti Mulya 400, Dr. Sutrisno Muslimin, MSi. Dalam sambutannya, KPH mengungkapkan perlunya selalu bersyukur mengingat Ramadhan tahun ini merupakan bulan ibadah pasca pandemi Covid 19.

“Ini merupakan kesempatan. Telah banyak saudara kita dipanggil Allah saat pandemi. Manfaatkanlah kesempatan Ramadhan ini dengan cara beribadah sebaik-baiknya,”ujar Sutrisno Muslimin.

Sutrisno Muslimin menambahkan bahwa Sekolah BM 400 memberikan kemudahan untuk semua civitas akademika beribadah di bulan Ramadhan, salah satunya adalah ibadah itikaf di hari-hari terakhir bulan Ramadhan.

“Kita adakan itikaf di minggu terakhir. Teman-teman guru yang mau itikaf di sini kita akan hadirkan imam yang bagus,” ungkapnya.

Selain itu, perwakilan dari Dewan Pengurus Yayasan BKSP Bakti Mulya 400, Dr. Asep Sarifuddin Hidayat, S.H., M.H. turut hadir dan memberikan sambutan dalam kegiatan Tarhib Ramadan kali ini.

Asep Sarifuddin Hidayat mengingatkan bahwa selama puasa, “hendaknya kita qillatul kalam (sedikit bicara), qillatut tha’am (sedikit makan), qillatul manam (sedikit tidur).

“Mewakili pengurus, tentunya kami menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Ibu dan Bapak sekalian dalam kegiatan Tarhib ini,” ungkap Dr. Asep.

Adapun uraian Prof. Dr. K. H. Didin Hafidhuddin, M.Sc tentang ‘Enam Keistimewaan Bulan Ramadhan’ adalah Syahrus Shiyam, Syahrul Qur’an, Syahrul Ilmi, Syahrul Zakat, Infaq, dan Shadaqah, Syahrut Tarbiyah, dan Syahrul Ukhuwwah wal Jamaah.

Pertama, Syahrus Shiyam menjadi keistimewaan bulan Ramadan, di mana orang-orang beriman diwajibkan untuk melaksanakan shaum.

Baca juga : Kemeriahan BEMSMART Sekolah BM 400

Kedua, Syahrul Qur’an yakni bulan di mana al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi umat manusia, utamanya bagi orang-orang yang bertaqwa.

Ketiga, Syahrul Ilmi atau bulan yang penuh dengan suasana keilmuan, baik yang dilakukan secara pribadi maupun bersama-sama.

Keempat, Syahrul Zakat Infaq, dan Shadaqah di mana umat Islam banyak melaksanakan kegiatan zakat serta dianjurkan untuk melakukan infaq dan shadaqah.

Kelima, Syahrut Tarbiyah yang artinya bulan pendidikan dalam pengertian luas, dalam rangka melahirkan pribadi taqwa yang berakhlak mulia.

Keenam, Syahrul Ukhuwwah wal Jamaah di mana umat Islam yang berpuasa memiliki perasaan yang sama dan banyak melakukan kegiatan ibadah secara berjamaah pada malam hari.

Acara Tarhib Ramadhan berlagsung dengan lancar ditutup doa nan khidmat. Selanjutnya seluruh guru, karyawan dan pimpinan Sekolah BM 400 saling bersalaman, memantapkan niat, sucikan hati, sambut Ramadhan penuh semangat.